Nah, memang aneh sih posting beginian, secara anak muda sekarang dengerannya tuh lagu K-pop, Hip-Hop, Rap, Pop, Rock, tapi menurutku jarang yang Jazz, sebenernya saya ini suka Jazz dan Blues lho chingu, ya mungkin ada yang bilang ngebosenin, norak, udah ketinggalan jaman, dan itu benar-benar salah besar, malah mereka menyanyi lebih bagus dari artis sekarang *g ada niat nge-bashing*
Kalo anak muda yang suka dengerin musik yang tidak terkait genre, atau memang bener-bener mengamati, pasti bakalan suka, dan lagunya itu mesti pendek dan artinya mendalam, apalagi pembawa'annya yang nggak kalah keren.
Biasanya anak muda jaman sekarang dengerannya lagu yang cinta-cinta, galau, dll . Dan saya pribadi merasa agak jengah sama yang begituan, jadi mencoba untuk mempelajari Jazz sama Blues *walopun Jazz juga ada cintanya, cuman nggak terlalu dominan*, walau saya masih tidak terlalu mengerti, tapi ada niat untuk mempelajari, yang pastinya saya juga nggak bisa nyanyi nada tinggi, karena kelebihan saya cuma nyanyi rap *siapa nanya??*
Nah ini dia sedikit informasi tentang Jazz.. ^^
Jazz bisa sangat sulit untuk menentukan karena membentang dari waltz Ragtime untuk fusi era tahun 2000-an. Meskipun banyak upaya telah dilakukan untuk menentukan jazz dari sudut pandang di luar jazz, seperti menggunakan sejarah musik Eropa atau musik Afrika, kritikus jazz Joachim Berendt berpendapat bahwa semua upaya tersebut tidak memuaskan. Salah satu cara untuk berkeliling masalah definisi adalah untuk mendefinisikan jazz "istilah" lebih luas. Berendt mendefinisikan jazz sebagai bentuk "seni musik yang berasal dari Amerika Serikat melalui konfrontasi orang kulit hitam dengan musik Eropa", ia berpendapat bahwa jazz berbeda dari musik Eropa dalam jazz yang memiliki hubungan "khusus untuk waktu, yang didefinisikan sebagai 'ayunan' "," sebuah spontanitas dan vitalitas produksi musik di mana improvisasi memainkan peran ", dan" kemerduan dan cara ungkapan yang cermin individualitas dari musisi jazz melakukan ".
Travis Jackson juga mengusulkan definisi yang lebih luas dari jazz yang mampu mencakup seluruh era yang berbeda secara radikal: ia menyatakan itu adalah musik yang mencakup kualitas seperti "berayun", improvisasi, interaksi kelompok, mengembangkan sebuah" suara individu, dan menjadi 'terbuka' untuk kemungkinan musik yang berbeda Krin Gabbard mengklaim bahwa" jazz adalah membangun "atau kategori yang, sementara buatan, masih berguna untuk menunjuk" sejumlah musics dengan cukup umum harus dipahami sebagai bagian dari sebuah tradisi yang koheren ".
Sementara jazz mungkin sulit untuk menentukan, improvisasi jelas salah satu elemen kunci. Awal blues pada umumnya terstruktur sekitar pola panggilan-dan-respon yang berulang, unsur umum dalam tradisi lisan Afrika Amerika. Suatu bentuk musik rakyat yang meningkat di bagian dari lagu kerja dan bidang hollers Hitam pedesaan, blues awal juga sangat improvisasi. Fitur-fitur ini mendasar dengan sifat jazz.
dalam unsur-unsur musik klasik Eropa interpretasi, ornamen dan pendampingan kadang-kadang kiri ke kebijaksanaan yang berprestasi itu, tujuan utama adalah pemain memainkan komposisi seperti yang tertulis.
Dalam jazz, Namun, pemain ahli akan menafsirkan sebuah lagu dengan cara yang sangat individu, tidak pernah memainkan komposisi yang sama persis dengan cara yang sama dua kali. Tergantung mood pemain dan pengalaman pribadi, interaksi dengan sesama musisi, atau bahkan anggota audiens, seorang musisi jazz / pemain dapat mengubah melodi, harmoni atau waktu penandatanganan di akan. musik klasik Eropa telah dikatakan media komposer. Jazz, namun, sering ditandai sebagai produk kreativitas egaliter, interaksi dan kolaborasi, menempatkan nilai yang sama pada kontribusi dari komposer dan pelaku, 'tangkas berat [ing] klaim masing-masing komposer dan improvisasi' .
Di New Orleans dan Dixieland jazz, performer bergantian bermain melodi, sementara yang lain countermelodies improvisasi. Dengan era swing, big band datang untuk lebih mengandalkan musik diatur: pengaturan entah tertulis atau dipelajari oleh telinga dan hafal - banyak artis jazz awal tidak bisa membaca musik. solois Individu akan berimprovisasi dalam pengaturan ini. Kemudian, di bebop fokus bergeser ke arah kelompok-kelompok kecil dan pengaturan minimal; melodi (dikenal sebagai kepala "") akan dinyatakan secara singkat pada awal dan akhir bagian, tapi inti dari kinerja akan menjadi serangkaian improvisasi dalam tengah. Kemudian gaya jazz seperti jazz modal meninggalkan gagasan ketat kemajuan akord, yang memungkinkan individu musisi berimprovisasi bahkan lebih bebas dalam konteks skala tertentu atau mode. avant-garde dan idiom jazz bebas izin, bahkan memanggil, meninggalkan chords, sisik, dan meter berirama.
Telah lama ada perdebatan di komunitas jazz atas definisi dan batas-batas "jazz". Meskipun perubahan atau transformasi jazz oleh pengaruh baru awalnya sering dikritik sebagai kehinaan "," Andrew berpendapat Gilbert jazz yang memiliki kemampuan "untuk menyerap dan mengubah pengaruh" dari gaya musik yang beragam. Sementara beberapa penggemar jenis tertentu jazz berpendapat untuk definisi sempit yang mengecualikan berbagai jenis musik juga dikenal sebagai "jazz", musisi jazz sendiri sering enggan untuk mendefinisikan musik mereka bermain. Duke Ellington menyimpulkan dengan mengatakan, "Ini semua musik." Beberapa kritikus bahkan menyatakan bahwa musik Ellington bukanlah jazz karena diatur dan mengatur. Pada teman sisi lain Ellington dua puluh solo Earl Hines's "transformatif versi "komposisi Ellington (pada Earl Hines Dimainkan Duke Ellington dicatat pada tahun 1970) yang dijelaskan oleh Ben Ratliff, New York Times kritikus jazz, seperti" sebagai contoh yang baik dari proses jazz sebagai sesuatu di luar sana ".
Berorientasi komersial atau populer yang dipengaruhi musik jazz bentuk memiliki keduanya lama dikritik, setidaknya sejak munculnya Bop. penggemar jazz tradisional telah diberhentikan Bop, tahun 1970-an jazz [era fusi dan banyak lain] sebagai periode penurunan nilai komersial dari musik. Menurut Bruce Johnson, musik jazz selalu memiliki ketegangan "antara jazz sebagai musik komersial dan bentuk seni" catatan Gilbert itu. Sebagai gagasan tentang kanon jazz adalah berkembang, "prestasi masa lalu" dapat menjadi "... istimewa atas kreativitas istimewa ..." dan inovasi seniman saat Village Voice. jazz kritikus Gary Giddins berpendapat bahwa sebagai penciptaan dan penyebaran jazz semakin dilembagakan dan didominasi oleh perusahaan hiburan besar, jazz adalah menghadapi "sebuah. .. masa depan berbahaya kehormatan dan penerimaan tertarik "David Ake. memperingatkan bahwa penciptaan" norma "dalam jazz dan pembentukan tradisi jazz" "mungkin mengecualikan atau sampingan lainnya yang lebih baru, avant-garde bentuk jazz . Kontroversi juga muncul lebih dari bentuk-bentuk baru jazz kontemporer dibuat di luar Amerika Serikat dan berangkat secara signifikan dari gaya Amerika Di satu pandangan mereka merupakan bagian penting dari pengembangan saat ini jazz itu;. di lain mereka kadang-kadang dikritik sebagai penolakan terhadap tradisi jazz penting.
Aliran-aliran dalam Jazz
New Orleans jazz
Big-band/swing
Bebop
Ragtime
Free jazz/avant-garde jazz
Smooth jazz
Fusion jazz
Funk
Acid jazz
Swing jazz
Dixieland revival
Cool jazz
Hard bop
Modal jazz
Latin jazz
Post bop
Nu jazz
Jazz rap
Traditionalist Jazz
Jazzcore
M-Base
Alat musik yang digunakan
Gitar
Gitar bass
Piano
Saksofon
Trompet
Trombone
Biola
Drum
Pemausik Jazz yang terkenal
Louis Armstrong, (1901-1971) *kalo ini salah satu fave saya, suaranya serak2 gimana gitu*
Duke Ellington, (1899-1974)
Charlie Parker, (1920-1955)
Dizzy Gillespie, (1917-1993)
Miles Davis, (1926-1991)
John Coltrane (1926-1967)
Chick Corea
Ornette Coleman, (lahir 1930)
Chris Botti
Dave Koz
Bob James
Lee Ritenour
Kenneth Bruce Gorelick / Kenny G, (lahir 1956) *Kenny G juga fave saya*
Jamie Cullum
Dan ada beberapa lagu, yang saya suka, mungkin chingudeul mau dengerin juga, walaupun ada yang nggak Jazz sih.. ^^v
1. Whitney Houtson - I Will Always Love You
2. Mariah Carrey - Without you.
3. Tiffany - If love is Blind
4. Lionel Richie - Hello
5. Blue ft Elton John - Sorry can seem to be hardest word
6. Tina Turner - Great Spirit
7. Barry White - Just the way you are
8. Sam Brown - Stop
9. Mariah Carrey - Againts All Odds
10. Kate Brush - Moving
11. Roberta Flack - Killing me softly with this song
12. Toni Braxton - Unbreak my Heart
13. Grover - Just the Two of Us
14. Cake - I will Survive
15. Phil Harris - Bare Necessities
16. Vanessa Wiliam - Colours of The Wind.
17. Aristocat - Everybody wants to be a cat
18. Robie Williams - Beyond the Sea
19. Phil Collins - Take a Look Through my Eyes
20. Randy Newman - The time of Your Life
Nah itu yang bisa saya kasih tau.. ^^
Kalo anak muda yang suka dengerin musik yang tidak terkait genre, atau memang bener-bener mengamati, pasti bakalan suka, dan lagunya itu mesti pendek dan artinya mendalam, apalagi pembawa'annya yang nggak kalah keren.
Biasanya anak muda jaman sekarang dengerannya lagu yang cinta-cinta, galau, dll . Dan saya pribadi merasa agak jengah sama yang begituan, jadi mencoba untuk mempelajari Jazz sama Blues *walopun Jazz juga ada cintanya, cuman nggak terlalu dominan*, walau saya masih tidak terlalu mengerti, tapi ada niat untuk mempelajari, yang pastinya saya juga nggak bisa nyanyi nada tinggi, karena kelebihan saya cuma nyanyi rap *siapa nanya??*
Nah ini dia sedikit informasi tentang Jazz.. ^^
Jazz bisa sangat sulit untuk menentukan karena membentang dari waltz Ragtime untuk fusi era tahun 2000-an. Meskipun banyak upaya telah dilakukan untuk menentukan jazz dari sudut pandang di luar jazz, seperti menggunakan sejarah musik Eropa atau musik Afrika, kritikus jazz Joachim Berendt berpendapat bahwa semua upaya tersebut tidak memuaskan. Salah satu cara untuk berkeliling masalah definisi adalah untuk mendefinisikan jazz "istilah" lebih luas. Berendt mendefinisikan jazz sebagai bentuk "seni musik yang berasal dari Amerika Serikat melalui konfrontasi orang kulit hitam dengan musik Eropa", ia berpendapat bahwa jazz berbeda dari musik Eropa dalam jazz yang memiliki hubungan "khusus untuk waktu, yang didefinisikan sebagai 'ayunan' "," sebuah spontanitas dan vitalitas produksi musik di mana improvisasi memainkan peran ", dan" kemerduan dan cara ungkapan yang cermin individualitas dari musisi jazz melakukan ".
Travis Jackson juga mengusulkan definisi yang lebih luas dari jazz yang mampu mencakup seluruh era yang berbeda secara radikal: ia menyatakan itu adalah musik yang mencakup kualitas seperti "berayun", improvisasi, interaksi kelompok, mengembangkan sebuah" suara individu, dan menjadi 'terbuka' untuk kemungkinan musik yang berbeda Krin Gabbard mengklaim bahwa" jazz adalah membangun "atau kategori yang, sementara buatan, masih berguna untuk menunjuk" sejumlah musics dengan cukup umum harus dipahami sebagai bagian dari sebuah tradisi yang koheren ".
Sementara jazz mungkin sulit untuk menentukan, improvisasi jelas salah satu elemen kunci. Awal blues pada umumnya terstruktur sekitar pola panggilan-dan-respon yang berulang, unsur umum dalam tradisi lisan Afrika Amerika. Suatu bentuk musik rakyat yang meningkat di bagian dari lagu kerja dan bidang hollers Hitam pedesaan, blues awal juga sangat improvisasi. Fitur-fitur ini mendasar dengan sifat jazz.
dalam unsur-unsur musik klasik Eropa interpretasi, ornamen dan pendampingan kadang-kadang kiri ke kebijaksanaan yang berprestasi itu, tujuan utama adalah pemain memainkan komposisi seperti yang tertulis.
Dalam jazz, Namun, pemain ahli akan menafsirkan sebuah lagu dengan cara yang sangat individu, tidak pernah memainkan komposisi yang sama persis dengan cara yang sama dua kali. Tergantung mood pemain dan pengalaman pribadi, interaksi dengan sesama musisi, atau bahkan anggota audiens, seorang musisi jazz / pemain dapat mengubah melodi, harmoni atau waktu penandatanganan di akan. musik klasik Eropa telah dikatakan media komposer. Jazz, namun, sering ditandai sebagai produk kreativitas egaliter, interaksi dan kolaborasi, menempatkan nilai yang sama pada kontribusi dari komposer dan pelaku, 'tangkas berat [ing] klaim masing-masing komposer dan improvisasi' .
Di New Orleans dan Dixieland jazz, performer bergantian bermain melodi, sementara yang lain countermelodies improvisasi. Dengan era swing, big band datang untuk lebih mengandalkan musik diatur: pengaturan entah tertulis atau dipelajari oleh telinga dan hafal - banyak artis jazz awal tidak bisa membaca musik. solois Individu akan berimprovisasi dalam pengaturan ini. Kemudian, di bebop fokus bergeser ke arah kelompok-kelompok kecil dan pengaturan minimal; melodi (dikenal sebagai kepala "") akan dinyatakan secara singkat pada awal dan akhir bagian, tapi inti dari kinerja akan menjadi serangkaian improvisasi dalam tengah. Kemudian gaya jazz seperti jazz modal meninggalkan gagasan ketat kemajuan akord, yang memungkinkan individu musisi berimprovisasi bahkan lebih bebas dalam konteks skala tertentu atau mode. avant-garde dan idiom jazz bebas izin, bahkan memanggil, meninggalkan chords, sisik, dan meter berirama.
Telah lama ada perdebatan di komunitas jazz atas definisi dan batas-batas "jazz". Meskipun perubahan atau transformasi jazz oleh pengaruh baru awalnya sering dikritik sebagai kehinaan "," Andrew berpendapat Gilbert jazz yang memiliki kemampuan "untuk menyerap dan mengubah pengaruh" dari gaya musik yang beragam. Sementara beberapa penggemar jenis tertentu jazz berpendapat untuk definisi sempit yang mengecualikan berbagai jenis musik juga dikenal sebagai "jazz", musisi jazz sendiri sering enggan untuk mendefinisikan musik mereka bermain. Duke Ellington menyimpulkan dengan mengatakan, "Ini semua musik." Beberapa kritikus bahkan menyatakan bahwa musik Ellington bukanlah jazz karena diatur dan mengatur. Pada teman sisi lain Ellington dua puluh solo Earl Hines's "transformatif versi "komposisi Ellington (pada Earl Hines Dimainkan Duke Ellington dicatat pada tahun 1970) yang dijelaskan oleh Ben Ratliff, New York Times kritikus jazz, seperti" sebagai contoh yang baik dari proses jazz sebagai sesuatu di luar sana ".
Berorientasi komersial atau populer yang dipengaruhi musik jazz bentuk memiliki keduanya lama dikritik, setidaknya sejak munculnya Bop. penggemar jazz tradisional telah diberhentikan Bop, tahun 1970-an jazz [era fusi dan banyak lain] sebagai periode penurunan nilai komersial dari musik. Menurut Bruce Johnson, musik jazz selalu memiliki ketegangan "antara jazz sebagai musik komersial dan bentuk seni" catatan Gilbert itu. Sebagai gagasan tentang kanon jazz adalah berkembang, "prestasi masa lalu" dapat menjadi "... istimewa atas kreativitas istimewa ..." dan inovasi seniman saat Village Voice. jazz kritikus Gary Giddins berpendapat bahwa sebagai penciptaan dan penyebaran jazz semakin dilembagakan dan didominasi oleh perusahaan hiburan besar, jazz adalah menghadapi "sebuah. .. masa depan berbahaya kehormatan dan penerimaan tertarik "David Ake. memperingatkan bahwa penciptaan" norma "dalam jazz dan pembentukan tradisi jazz" "mungkin mengecualikan atau sampingan lainnya yang lebih baru, avant-garde bentuk jazz . Kontroversi juga muncul lebih dari bentuk-bentuk baru jazz kontemporer dibuat di luar Amerika Serikat dan berangkat secara signifikan dari gaya Amerika Di satu pandangan mereka merupakan bagian penting dari pengembangan saat ini jazz itu;. di lain mereka kadang-kadang dikritik sebagai penolakan terhadap tradisi jazz penting.
Aliran-aliran dalam Jazz
New Orleans jazz
Big-band/swing
Bebop
Ragtime
Free jazz/avant-garde jazz
Smooth jazz
Fusion jazz
Funk
Acid jazz
Swing jazz
Dixieland revival
Cool jazz
Hard bop
Modal jazz
Latin jazz
Post bop
Nu jazz
Jazz rap
Traditionalist Jazz
Jazzcore
M-Base
Alat musik yang digunakan
Gitar
Gitar bass
Piano
Saksofon
Trompet
Trombone
Biola
Drum
Pemausik Jazz yang terkenal
Louis Armstrong, (1901-1971) *kalo ini salah satu fave saya, suaranya serak2 gimana gitu*
Duke Ellington, (1899-1974)
Charlie Parker, (1920-1955)
Dizzy Gillespie, (1917-1993)
Miles Davis, (1926-1991)
John Coltrane (1926-1967)
Chick Corea
Ornette Coleman, (lahir 1930)
Chris Botti
Dave Koz
Bob James
Lee Ritenour
Kenneth Bruce Gorelick / Kenny G, (lahir 1956) *Kenny G juga fave saya*
Jamie Cullum
Dan ada beberapa lagu, yang saya suka, mungkin chingudeul mau dengerin juga, walaupun ada yang nggak Jazz sih.. ^^v
1. Whitney Houtson - I Will Always Love You
2. Mariah Carrey - Without you.
3. Tiffany - If love is Blind
4. Lionel Richie - Hello
5. Blue ft Elton John - Sorry can seem to be hardest word
6. Tina Turner - Great Spirit
7. Barry White - Just the way you are
8. Sam Brown - Stop
9. Mariah Carrey - Againts All Odds
10. Kate Brush - Moving
11. Roberta Flack - Killing me softly with this song
12. Toni Braxton - Unbreak my Heart
13. Grover - Just the Two of Us
14. Cake - I will Survive
15. Phil Harris - Bare Necessities
16. Vanessa Wiliam - Colours of The Wind.
17. Aristocat - Everybody wants to be a cat
18. Robie Williams - Beyond the Sea
19. Phil Collins - Take a Look Through my Eyes
20. Randy Newman - The time of Your Life
Nah itu yang bisa saya kasih tau.. ^^
Tidak ada komentar:
Posting Komentar